'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
MT PDA SRAGEN MELANGLANG BUANA MENEBAR DAKWAH
16 Agustus 2021 08:32 WIB | dibaca 52

Dalam rangka mengembangkan siaran Agama Islam di Radio Buana Asri Sragen, maka selaku Plt Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Publik Kabupaten Sragen, Ibu Husbandiyah Hadiwarni, ST., mengundang jajaran Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah  (PDA Sragen) untuk mengisi Kegiatan “Mimbar Agama Islam” yang rencananya akan diadakan setiap Senin pada Minggu ke tiga pada pukul 08.00 – 08.30 WIB.

Sebagai pengisi acara pertama kali yaitu pada tanggal 16 Agustus 2021 adalah Ibu Muslikhah, S. Pd.I, M. Ag., yang didampingi oleh Ketua PDA Sragen, Ibu Hj. Sunari, M. Pd. Pada kesempatan pertama ini Ibu Ketua PDA membuka acara dan memperkenalkan tentang organisasi ‘Aisyiyah, struktur oragnisasi ‘Aisyiyah dan tugasnya masing-masing kepada pendengar radio RSPD Buana Asri,. Ibu Ketua PDA juga berharap bahwa  dengan peraan serta ‘Aisyiyah mengisi acara ini agar ‘Aisyiyah lebih memasyarakat, dan dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Sedangkan materi dakwah yang disampaikan pada kesempatan pertama kali ini adalah “HIkmah di balik Musibah”, tema ini diambil karena kita semua tahu bahwa Indonesia bahkan seluruh dunia merasakan musibah terutama virus corona 19 ini. Walaupun musibah tidak hanya berupa virus, bisa juga musibah dalam bentuk bencana alam, seperti: banjir, gunung meletus, tanah longsor atau gempa bumi.

Materi dakwah yang disampaikan menggaris bawahi bahwasanya cobaan juga dapat menjadi penebus dosa, meskipun bentuknya kecil, seperti sabda Rosul yang artinya “Tidaklah suatu musibah menimpa seorang muslim melainkan Allah akan menggugurkan dosa-dosanya. (HR. Bukhori).. Dan jika musibah ditimpakan kepada sorang muslim, maka menjadikan muslim tersebut adalah termasuk orang yang shaleh.

Tapi jika yang ditimpa musibah adalah orang yang suka berbuat maksiat, maka Allah akan menghapus dosa-dosanya .

Dijelaskan oleh Ibu Muslikhah bahwa musibah berasal dari kata ­asoba, yusibu, isobatan wa musibatan yang berarti segala hal yang dialami atau menimpa, maka sebagai seorang muslim sikap kita bila menghadapi musibah adalah :

1.       Syukur, dengan tetap mensyukuri apa yang telah terjadi, maka nikmat akan ditambah oleh Allah SWT seperti yang tercantum dalam QS Ibrahim ayat 7.

2.       Sabar, sekalipun hal yang menimpa kita tidaklah baik. Karena sebenarnya itu adalah baik bagi kita, seperti yang tercantum dalam QS Al Baqarah ayat 216

3.       Ihtiyar, merupakan bentuk usaha mengubah keadaan, seperti yang tertuang dalam QS Ar raad ayat 11, bahwa Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.

4.       Bertawakal, sebagai orang yang beriman dengan takdir, maka pasti memiliki rasa tawakal kepada Allah.

Hikmah yang dapat kita ambil dari musibah yang menimpa adalah:

  1. Sebagai cobaan yang dapat menebus dosa (HR. Bukhari)
  2. Sebagai cobaan yang dapat meningkatkan keimanan dan kedekatan kita kepada Allah SWT. Seperti yang tercantum dalam QS Al A’raaf ayat 168 Allah mengatakan “Dan Kami uji mereka dengan nikmat yang baik-baik dan bencana yang buruk-buruk agar mereka kembali kepada Ku”
  3. Dapat meningkatkan kualitas ibadah serta memperbanyak dzikir dan memperkuat doa.

Ketika seorang manusia mengalami kesulitan karena tertimpa musibah, berupa sakit atau bencana lainnya maka sudah seharusnya kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan Allah pasti mendengar doa-doa hambaNYA

  1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Dilansir dari The United Nation Environment programe, bahwa menjaga kebersihan diri danlingkungan sangat diperlukan terlebih bila menghadapi wabah virus corona ini.
  2. Meningkatkan rasa solidaritas antar sesama .

Melihat masyarakat yang terkena dampak bencana, maka dari pihak yang tidak terkena bencana atau orang yang sadar bahwa mereka membutuhkan bantuan, maka bantuan akan terus diberikan untuk sedikit meringankan beban kesulitan hidup.

  1. Memperbanyak infaq dan sedekah.

Dengan sedekah maka kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan selain juga melindungi diri kita sendiri, karena sesungguhnya diantara keutamaan sedekah adalah menghidarkan kita dari bala’ bencana.

Itulah diantara hikmah yang dapat diambil bila kita tertimpa musibah. Wallahu’alam bi showab.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari