'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Hum Ham PDA Sragen Melanglang Buana Menegakkan Keadilan, Membela yang Lemah
20 September 2021 08:30 WIB | dibaca 31

     Cukup tingginya kasus hukum yang terjadi di masyarakat, keterbatasan jumlah dan jangkauan wilayah kerja advokat yang Sebagian besar menjalankan tugasnya di wilayah perkotaan. Sedangkan sebaran masyarakat miskin yang membutuhkan bantuan hukum terdapat di wilayah pedesaan atau pelosok perkotaan. Tiem Paralega yang tergabung dalam Majelis Hukum Hak Asasi Manusia berusaha untuk dapat berkiprah menjangkau akses  keadilan bagi masyarakat. Paralega adalah setiap orang yang sudah terlatih dan mempunyai pengetahuan dan ketrampilan dibidang hukum yang diharapkan dapat membantu penyelesaian masalah hukum yang dihadapi oleh orang lain atau komunitas sekitarnya.

Peran paralegal dalam membantu akses keadilan bagi masyarakat. Peran yang diberikan dalam kasus non litigasi bentuk bantuan hukum yang diberikan antara lain penyuluhan hukum, konsultasi hukum, negosiasi, mediasi dan pendampingan korban. Paralegal diharapkan menjadi ujung tombak untuk menjabarkan peran dan membuka akses keadilan yang lebih luas dan berkualitas di tengah tengah masyarakat. Kami Tiem Paralegal Aisyiah siap sedia memberikan pelayanan yang tidak hanya formalitas tetapi berusaha selesai dengan berkualitas. Kesabaran dan ketelatenan yang dilakukan paralegal sebagai wujud bantuan layanan hukum kepada masyarakat pencari keadilan. Paralega berusaha mampu melakukan pemetaan masalah, strategi komunikasi dan membangun jejaring untuk mendapatkan dukungan dalam melakukan pendampingan kasus hukum. Tiem Paralega Aisyiah Kabupaten Sragen selama ini telah melakukan pendampingan kasus non litigasi antara lain pendampingan Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga /KDRT, kasus pelecehan seksual anak, pernikahan dini, korban penelantaran pasangan yaitu istri atau suami yang ditinggalkan pasangannya tanpa jelas keberadaannya, perselisihan dalam rumah tangga, penyuluhan hukum UU Perkawinan terbaru, penyuluhan pencegahan pernikahan dini dan lain lain. Dalam sehari  Paralega di Pusbakum pendampingan rata rata 3 sampai 5 kasus .Hampir setiap hari mendengarkan tangisan pencari keadilan, curahan perasaan korban keadaan, mereka yang bersedih akan nasib yang menimpa, kondisi jiwa yang labil stress sangat sangat membutuhkan dukungan penguatan untuk bisa berusaha tegar menghadapi cobaan hidup, Dengan adanya pendampingan InsyaaAllah berusaha untuk bisa membantu meringankan beban psikis , mental, emosional.

Posbakum Pengadilan adalah layanan yang dibentuk oleh dan ada pada setiap pengadilan tingkat pertama, untuk memberikan layanan hukum berupa informasi, konsultasi, dan advis hukum, serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang kekuasaan kehakiman, peradilan umum, agama, dan tata usaha negara.

Posbakum pengadilan memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma pada semua tingkat peradilan sampai putusan terhadap perkara tersebut memperoleh kekuatan hukum tetap.

Layanan yang diberikan berupa: pemberian informasi, konsultasi, atau advis hukum. bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan.

Yang dapat menerima layanan di atas ialah setiap orang atau sekelompok orang (penggugat/pemohon, tergugat/termohon, terdakwa, atau saksi) yang tidak mampu secara ekonomi dan/atau tidak memiliki akses pada informasi dan konsultasi hukum.

Mekanisme pemberian layanan di Posbakum Pengadilan

1. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

2. Surat pernyataan tidak mampu membayar jasa advokat

3. formulir permohonan pembebasan biaya perkara

4. Jika penerima layanan Posbakum Pengadilan memerlukan bantuan hukum berupa pendampingan di sidang pengadilan, maka petugas akan memberikan informasi

selain tugas menjadi posbakum juga melalui pendampingan masyarakat

pendampingan masyarakat adalah terjadinya proses yang mana memberikan perubahan kepada masyarakat untuk lebih kreatif. Maka tujuan utama dalam pendampingan masyarakat ialah untuk meningkatkan kemandirian masyarakat / sebuah kelompok mengenai hukum.

pendampingan masyarakat peran pentinynya adalah konsultasi hukum yaitu :memberikan pelayanan kepada masyarakat yakni terhadap pemberian solusi-solusi atau pemecahan masalah yang dihadapi masyarakat. Misalnya masalah yang terkait tentang hukum

untuk pendampingan masyarakat kita dari LBH MHH Aisyiyah dri tahun 2020 sejumlah 680 kasus dan 2021- sekarang kita sudah membuatkan 510 kasus sampai bulan september ini kita sudah membuatkan gugatan/permohonan Cerai,Hak Asuh Anak, Dispensasi Nikah, perwalian, Warisan. 

Demikianlah paparan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat .Nashrun Min Allah Wa Fathun Qarib ( Pertolongan dari ALLAH SWT dan kemenangan yang dekat waktunya).

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari